FUNGSI BALOK LATEI (PINGGANG) PADA DINDING RUMAH

BALOK LATEI adalah balok yang berbentuk horizontal pada strukrur dinding rumah yang terletak di antara dua kolom dengan tinggi pemasangan tergantung tingginya kusen pintu dan kusen jendela. balok latei berfungsi melindungi stuktur dinding rumah agar tetap kokoh dan tidak mudah retak jika terjadi gempa atau turunnya tanah di bawah pemasangan batu pondasi rumah.   
      
fungsi balok latei
Balok latei memiliki istilah (Balok Pinggang) karena letak nya di pertengahan dinding rumah yang berbentuk horizontal dengan kedua ujung pembesiannya terkunci pada rangkaian besi kolom untuk menahan beban di atasnya sehinnga beban dinding tidak langsung bertumpu pada kusen pintu dan kusen jendela yang menyebabkan kusen pintu mudah melengkung karena beban dinding yang berat di atas permukaannya.   

balok latei

FUNGSI BALOK LATEI (PINGGANG)

1.Memperkokoh struktur dinding rumah.
Rangkaian besi balok latei yang terkunci pada besi kolom akan memberikan perlindungan pada struktur dinding rumah sehingga tidak mudah retak jika terjadi gempa dan pergeseran tanah di bawah batu pondasi. jika terjadi retak pada pondasi maka struktur dinding masih kokoh karena terkunci dengan ikatan besi balok latei di pertengahan dinding rumah.
ringbalok rumah
2.Menopang struktur dinding di atas permukaan kusen pintu & jendela.
Dengan adanya balok latei di atas permukaan kusen maka beban struktur dinding yang berat hingga kontruksi atap tidak lagi bertumpu langsung pada kusen yang menyebabkan kusen rumah mudah melengkung dan rusak.
balok latei
3.Melindungi kusen pintu dan kusen jendela.
Daun pintu dan jendela yang terpasang pada kusen yang ada balok latei di atas permukaannya akan selalu aman tanpa terasa arat (terjepit) dan melengkung dalam proses buka tutup setiap saat. 
balok pinggang rumah
4.Penahan utama pada pintu gerbang dalam rumah.
Salah satu fungsi beton bertulang (balok latei) adalah sebagai penahan dinding di atas pintu gerbang dalam rumah dengan tinggi pemasangan balok minimal 2.5 meter dari permukaan lantai rumah.
pintu gerbang dalam rumah 

TEHNIK PEMASANGAN BETON BERTULANG (BALOK LATEI )
1.Ukuran balok latei sejajar dengan pasangan dinding bata merah.
Rangkaian cincin begel yang ideal untuk beton bertulang balok latei ukuran 10x20cm yang sejajar dengan dinding bata merah adalah 6x15cm dengan jarak pemasangan cincin begel 12cm.
 rangkaian besi balok
 ukuran besi balok rumah
2.Memasukkan rangkaian besi balok latei ke dalam rangkaian besi kolom.
Untuk kekuatan balok latei pemasangan besi balok harus di masukkan ke dalam rangkaian besi kolom agar saling terkunci erat pada posisi kolom tengah dan kedua ujungnya. 
 besi kolom rumah
 pemasangan balok latei
 besi balok latei
 pemasangan besi balok
3.Mengunci rangkaian besi balok latei dengan besi kolom yang padat dan erat.
Ketika terjadi gempa dan pergeseran tanah di bawah batu pondasi, ikatan besi balok latei pada rangkaian besi kolom akan sangat berfungsi dalam menahan semua beban dinding di atas permukaannya tanpa mudah retak dan hancur. semua ujung besi balok latei harus terlilit pada besi kolom dan mengeratkan dengan menggunakan kawat ikat. 
 besi ringbalok rumah
 cara kunci besi balok
 pemasangan besi balok
 pemasangan besi balok rumah
4.Pemasangan papan bekisting.
Ketika terjadi gempa, ikatan besi balok latei pada rangkaian besi kolom akan sangat berfungsi dalam menahan semua beban dinding di atas permukaannya tanpa mudah retak dan hancur. pemasangan papan untuk bekisting harus padat pada dinding bata merah agar tidak terjadi bocor ketika pengecoran balok.
papan bekisting di kunci dengan menggunakan kawat ikat pada posisi bawah dan menggunci dengan kayu kecil pada permukaan atas menggunakan paku ukuran 2 inci.
 bekisting balok
 cara pasang papan bekisting
 bekisting ring balok
 pengecoran balok rumah
5.Membersihkan lobang papan bekisting.
Sebelum pengecoran, permukaan papan bekisting harus di siram dengan air yang mengalir agar menghilangkan semua debu yang menyebabkan balok mudah keropos. penyiraman juga berfungsi agar cairan semen mudah meresap pada pasangan bata merah di bawah balok.
 tehnik pengecoran balok
6.Pengecoran balok latei.
Campuran semen semen yang ideal untuk pengecoran balok adalah 1 sak semen 3 buah pasir kasar takaran arco sorong. bila pasir yang di pakai terlalu halus harus di campur dengan batu split agar kekuatan balok tidak mudah keropos dalam menahan beban pada struktur dinding rumah. 
 adukan semen cor
 pengecoran balok rumah
 cara cor balok latei
 pengecoran rumah
7.Pengecoran balok latei.
Pembukaan kembali papan bekisting balok minimal 48 jam setelah pengecoran. bila papan bekisting terlalu cepat di buka dapat mengakibatkan balok mudah retak dan hancur pada posisi samping karena belum cukup waktu dalam pengerasan. 
 balok latei rumah
 ukuran balok latei
 ringbalok rumah
 balok latei 
8.Pemasangan dinding bata merah di atas balok latei.
Melanjutkan pemasangan bata dinding bata merah di atas permukaan balok latei yang sudah mengering hingga pengecoran ringbalok atas. 
 balok pinggang
 membuat rumah
 atap rumah minimalis
Semoga semua ulasan di atas tentang fungsi dan tehnik pengecoran balok latei (balok pinggang) pada struktur dinding rumah bermanfaat dalam pembangunan rumah hunian anda.
Terimakasih.
 
VIDEO PENGECORAN BALOK LATEI RUMAH

0 Response to "FUNGSI BALOK LATEI (PINGGANG) PADA DINDING RUMAH"

Posting Komentar

Populer Post

Cari Postingan Di Blog Ini