CARA PENGECORAN SLOOF PONDASI RUMAH

Sloof adalah struktur beton bertulang pada sebuah bangunan yang terletak di atas pasangan pondasi batu yang berfungsi sebagai pengikat utama pasangan batu pondasi bagian atas dan sebagai penahan semua beban dari struktur keseluruhan bangunan rumah.



Besarnya ukuran sloof pada sebuah bangunan rumah tergantung kebutuhan beban pada rumah tersebut, semakin tinggi struktur sebuah bangunan maka akan semakin besar ukuran sloof yang di butuhkan dan semakin besar juga pemakaian besi sebagai tulangan beton pada sloof tersebut. 
Pada postingan ini saya akan mengulas secara detail cara merangkai besi dan bekisting untuk pengecoran sloof pondasi rumah 1 lantai dengan ukuran luas pondasi rumah  7x11,5cm. sloof untuk pondasi yang akan di rangkai adalah ukuran 15x20cm.

Alat pemasangan sloof pondasi.
1.palu ukuran kecil dan besar 
2.papan
3.paku ukuran 2 inci.
4.kunci besi.
5.benang.
6.tang kakatua
7.cangkul.
8.sekrup.
9.selang air 
10.sarung tangan
11.timba.
12.raskam.
13.arco sorong

Bahan pemasangan sloof pondasi.
1.semen.
2.pasir
3.air
4.besi 10mm
5.besi begel 6mm
6.papan bekisting
7.kawat ikat.

pondasi rumah 1 lantai
pondasi batu gunung
pondasi rumah minimalis

CARA MERANGKAI BESI & BEKISTING PENGECORAN SLOOF PONDASI.
1.Langkah pertama meluruskan besi ukuran 10mm yang akan di pakai untuk tulangan beton sloof dengan menggunakan kunci besi dan palu. semakin besar ukuran sloof yang akan di pasang pada pondasi rumah maka semakin besar ukuran besi yang di butuhkan.

besin sloof pondasi
besi 10mm

2.Pemotongan ukuran panjang kebutuhan besi untuk sloof dengan meletakkan langsung di atas pemasangan pondasi batu agar memudahkan pengerjaan. pemotongannya di lebihkan 20cm pada posisi ujung untuk dapat di bengkokkan agar rangkaian besi sloof saling terkunci pada sambungannya. 

besi sloof pondasi
potong besi
besi sloof pondasi
pondasi batu kalisloof rumah

3.Pemotongan besi begel untuk membuat cincin besi sloof dengan ukuran lingkaran 10x15cm menggunakan penekuk besi manual. besarnya ukuran cicin tergantung besarnya ukuran sloof yang akan di buat.   
 
begel sloof
penekuk besi manual
begel sloof

4.Merangkaian besi sloof pondasi menggunakan kawat ikat dengan tang kakatua, jarak pemasangan cincin begel idealnya 12cm untuk kekuatan tulangan beton pada sloof pondasi. merangkai besi sloof dengan tinggi seukuran pinggang memudahkan dalam pengerjaannya.

rangka besi sloof

5.Meletakkan rangkaian besi sloof yang sudah siap di rangkai pada bagiannya masing-masing di atas pondasi batu gunung dengan meletakkan rangkaian besi yang ukuran panjang lebih dulu agar mudah dalam pengerjaan.

memasang besi sloof
besi sloof pondasi

6.Pemasangan besi stick pada setiap sudut pondasi dengan kawat ikat dan menggunci semua sambungan sudut pada rangkaian besi sloof yang kuat dan padat. besi stick yang di pakai untuk sambungan besi kolom praktis ukuran 10mm.  
besi sloof rumah
kunsi besi sloof
besi stick pondasi
sambungan besi sloof
besi sloof
sloof rumah lantai 1
7.Pemasangan papan sebagai bekisting untuk pengecoran pada semua rangkaian besi sloof  dengan ukuran lebar 15 cm. ukuran luas pemasaangan papan bekisting tergantung luasnya begel cincin pada rangkaian besi sloof. 
papan bekisting
papan mall sloof
bekisting sloof


8.Pemasangan kayu lat untuk dalam mengunci papan bekisting bagian atas dengan membuat kayu sebagai ukuran kayu lebih dulu agar mudah di sejajarkan dalam pemasangan semua papan bekistingnya. 

membuat bekisting sloof pondasi
bekisting sloof
kunci bekisting

9.Pemasangan pohon pisang dalam rangkaian besi sloof untuk jalur pipa pada kamar mandi dan ruangan dapur. setelah pengecoran sloof mengering pohon pisang akan mengerucut sehingga memudahkan dalam pemasangan semua jalur pipa air.

mall sloof
bekisting papan

10.Memastikan pemasangan papan bekisting mengikuti siku yang akurat agar pemasangan dinding rumah di atas sloof pondasi benar-benar siku. untuk mendapatkan siku yang akurat kami memakai triplek yang sudah di potong berbentuk L yang dengan mudahnya di lengketkan pada papan bekisting sloof.

siku pondasi
siku sloof pondasi

11.Mencuci semua rangkaian besi dan papan bekisting yang bersih dari debu dan sisa pemakaian kawat ikat untuk pengecoran sloof pondasi. pengecoran sloof yang banyak mengandung debu akan menyebabkan sloof pondasi cepat keropos dan retak.

papan bekisting sloof
bekisting papan
bekisting rumah

12.Mengaduk semen dan pasir kasar yang ada batu-batu kecil untuk pengecoran sloof pondasi dengan takaran, 1 sak semen 3 buah pasir memakai arco sorong. usahakan memakai pasir yang tidak mengandung tanah agar sloof pondasi tidak mudah keropos. 

adukan semen pondasi
takaran semen pondasi
adonan semen pondasi
mengaduk semen
takaran semen cor

13.Pengecoran sloof pondasi dengan ukuran tinggi yang sejajar dengan bibir bagian atas papan bekisting menggunakan timba. dalam pengecoran jangan lupa menggoyang papan atau memasukkan sesuatu yang bisa memastikan agar semen cor tidak tersangkut dengan batu pada rangkaian besi sloof yang menyebabkan sloof berlobang ketika papan bekisting di buka.

coran sloof pondasi
cara cor sloof pondasi
pengecoran sloof pondasi

14.Tampilan finihing akhir sloof pondasi ukuran 15x20 untuk rumah 1 lantai setelah selesai pengecoran. pengeringan setelah pengecoran sekitar dua hari baru di buka kembali papan bekisting untuk memasukkan timbunan ke dalam pondasi.

pondasi rumah
sloof pondasi
sloof beton bertulang
sloof rumah minimalis
sloof rumah tembok
pondasi rumah

Semoga semua ulasan ini bermanfaat bagi semua yang membutuhkan dalam pekerjaan merangkai besi & bekisting pengecoran sloof pondasi rumah 1 lantai. 
Terimakasih.
 
VIDEO CARA MERANGKAI BESI & BEKISTING PENGECORAN SLOOF PONDASI 

0 Response to "CARA PENGECORAN SLOOF PONDASI RUMAH"

Posting Komentar

Populer Post

Cari Postingan Di Blog Ini