CARA BOPLANG PONDASI RUMAH YANG AKURAT

Dalam membuat sebuah rumah, langkah pertama yang di kerjakan adalah pemasangan papan bowplank sebagai pedoman utama dalam menentukan besarnya bangunan rumah tersebut di atas lahan tanah dasar yang akan di buat. 



Fungsi pemasangan bowplank
1.untuk mengetahui ukuran tinggi pemasangan batu pondasi yang ideal di atas permukaan tanah dasar.
2.sebagai rangka pemasangan benang ukuran luas pembangunan rumah.
3.untuk memudahkan galian lobang pondasi dengan mengikuti lurusnya alur benang yang terpasang pada papan bowplank.
4.untuk mengetahui letak semua titik AS (ukuran luas ruangan untuk pemasangan batu pondasi)

Alat pemasangan bowplank
1.palu ukuran kecil dan besar.
2.alat pemotong kayu pancang yang runcing.
3.meteran.
4.selang air.
5.benang.

Bahan pemasangan bowplank
1.kayu ukuran 2x5cm sebagai tiang pancang.
2.papan ukuran 2x20cm.
3.paku ukuran 2 inci.
4.spidol.
5.selembar triplek (untuk siku yang akurat)

Cara pemasangan bowplank pondasi
1.Pemotongan kayu-kayu pancang yang runcing sebagai patok pada tanah dasar dengan ukuran panjang 1 hingga 1,5 meter. (tergantung tinggi pemasangan batu pondasi yang akan di pasang)



2.Pemasangan tiang pancang pada posisi ke empat titik sudut tanah dasar, kemudian memasang benang untuk meluruskan tiang pancang posisi tengah dengan mengikuti alur benang.




3.Pemasangan tiang pancang di posisi tengah dengan mengikuti alur benang yang lurus dari tiang pancang sudut yang sudah terpasang.




4.Pengukuran tinggi pemasangan batu pondasi yang akan di pasang dari permukaan tanah dasar, kemudian memberi tanda pada semua tiang pancang dengan mensejajarkannya dengan air dalam selang.




5.Pemasangan papan untuk bowplank pondasi pada semua lingkaran tiang pancang yang sudah di beri tanda yang sejajar.




6.Pemasangan benang pondasi pada posisi sudut papan bowplank lebih dulu agar mudah untuk di siku yang benar-benar akurat.




7.Menyiku benang tinggi pemasangan batu pondasi yang benar-benar petak akurat.
Dalam menyiku benang untuk pemasangan batu pondasi kami tidak memakai siku besi yang terlalau pendek dan kecil atau menggunakan rumus 'Pythagoras' (perbandingan) dengan benang ukur antara 60-80 =100 yang secara otomatis membentuk sudut siku 90 derajat yang umumnya di pakai oleh seorang tukang bangunan. 

Pemakaian siku dari rumus Pythagoras mudah bergeser dan menipu pandangan mata dalam hitungan kecil (milimeter), pemasangan benang yang terlalu kendur dan pengukuran jarak antara 60-80 mudah bergeser dalam hitungan milimeter yang sangat berpengaruh untuk siku yang akurat pada benang bowplank pondasi untuk posisi ujungnya. 

Dalam pemasangan benang bowplank untuk pemasangan batu pondasi kami selalu memakai selembar triplek yang sudah terpotong bentuk L. melihat ukuran 'siku' pada  benang dengan menggunakan triplek sudah jaminan akurat karena permukaannya yang panjang dan lebar, sehingga sangat mudah untuk kita sesuaikan pada sudut benang pondasi agar benar-benar petak dan mendapatkan 'siku' yang akurat.




8.Membagi semua ukuran luas ruangan dalam lingkaran pondasi rumah untuk pemasangan benang AS pada bagian atas papan bowplank.




9.Membuka kembali pemasangan benang pada titik AS untuk di luaskan antara 50-60cm sebagai pedoman ukuran luas untuk galian lobang pondasi pada papan bowplank.




10.Setelah benang AS untuk galian pondasi di luaskan kembali pada papan bowplank dengan jarak antara 50-60cm (tergantung luas,lebar & tinggi pemasangan pondasi) maka sudah bisa di lakukan galian tanah untuk lobang pondasi yang lurus dengan mengikuti alur benang yang sudah terpasang sebelumnya pada papan bowplank.




Semoga ulasan ini bermanfaat bagi semua yang membutuhkan dalam pekerjaan pemasangan papan bowplank untuk galian & pemasangan batu untuk pondasi rumah.
Terimakasih.


0 Response to "CARA BOPLANG PONDASI RUMAH YANG AKURAT"

Posting Komentar

Populer Post

Cari Postingan Di Blog Ini