UKURAN KAYU UNTUK KUDA-KUDA ATAP RUMAH

Kayu merupakan salah satu bahan yang banyak di pakai untuk membuat kerangka pada atap rumah, pemakaian kayu yang bagus akan memberikan daya tahan yang lama pada struktur atap rumah. bila memakai kayu yang kurang bagus untuk struktur atap maka daya tahan kerangka atap akan terbatas karena mudah lapuk dan di makan rayap, apalagi memakai kayu yang belum cukup umur tentu sangat mudah memuai dan berbubuk pada semua permukaannya. 

Pemakaian kayu untuk struktur atap rumah memiliki berbagai ukuran,tergantung beban pada penutup atas yang akan kita pakai, bila kita memakai penutup atap dari genteng keramik, genteng beton tentu membutuhkan ukuran kayu yang lebih besar karena beban penutup atap yang berat. bila memakai penutup atap dari jenis seng seperi, seng gelombang, seng genteng metal, seng spandek dan lainnya tentu pemakaian ukuran kayu sedikit lebih kecil. 


Pada ulasan kali ini saya akan menjelaskan pemakaian ukuran kayu untuk struktur atap yang memakai penutup atap dari jenis seng yang memakai ukuran kayu sedikit lebih kecil dari pemakaian kayu untuk penutup atap dari genteng dari tanah liat, genteng beton dan lainnya yang memiliki beban berat. 

PEMBUATAN ATAP RUMAH MEMILIKI DUA MODEL

1.Pembuatan atap rumah model limas (bentuk piramid)

2.Pembuatan atap rumah model pelana. 

Pembuatan atap rumah yang memakai kerangka kayu terkenal sangat kuat dan kokoh karena strukturnya yang berat sehingga kerangka atap dari rangka kayu tidak mudah tersapu kalau ada angin kencang dan mudah terangkat ketika terjadi angin puting beliung.

Pembuatan atap rumah model limas tidak memiliki tombak layar dan hanya memiliki saluran air pada struktur kerangkanya seperti tampilan pada foto di bawah ini.


Berbicara tentang pembuatan kerangka atap rumah tidak terlepas dari desain kuda-kuda induk (kuda-kuda utama) yang berfungsi menopang semua, usuk, reng, jurai, saluran air dan penutup pada bagian atas seperti seng gelombang, seng spandek, seng multiroof, genteng tanah liat, genteng beton, seng jenis undelin jenis asbes dan lainnya.



UKURAN-UKURAN KAYU UNTUK MERANGKAI KUDA-KUDA ATAP

  1. Balok ukuran 5x10x5cm.
  2. Balok ukuran 5x7x5cm.
  3. Balok ukuran 4x12x5cm.
  4. Kayu ukuran 2x5x5cm.
  5. Papan ukuran 2,5x25x5cm.


foto kayu rumah


foto kuda-kuda kayu

foto kuda-kuda kayu

Ukuran kayu yang tersebut di atas merupakan ukuran lebar dan tebal pemakaian kayu pada struktur kuda-kuda atap yang memakai penutup atas dari jenis seng, untuk ukuran panjang kayu yang akan di pakai harus di sesuaikan dengan luas ring balok rumah, karena semakin luas ukuran rumah tentu membutuhkan pemakaian ukuran kayu yang panjang. untuk merangkai kuda-kuda atap rumah ukuran type 36 hingga type 100 cukup pemakaian kayu yang panjang 4 meter, 

                                         

Bila luas ringbalok rumah lebih dari type 100 bagusnya memakai kayu dengan ukuran panjang 5 meter, agar tampilan kerangkanya bagus & tidak bayak nampak sambungan kayu pada kerangka kuda-kuda yang akan di rangkai.

DETAIL PEMAKAIAN UKURAN-UKURAN KAYU PADA KERANGKA ATAP.


1.Balok ukuran 4x12cm,

berfungsi sebagai kayu gapit atau penahan pada kaki kuda-kuda utama, penggunaannya dua lapisan yang berfungsi sebagai jepitan untuk struktur bagian atas nya dengan memakai baut ukuran 1/2 atau baut 19mm. Pemakaian kayu gapit dua lapisan pada kaki rangkaian kuda-kuda rumah agar tidak mudah lentur dalam menahan beban reng, usuk dan jurai pada posisi di atasnya.




2.Balok ukuran 5x10cm.

Berfungsi untuk tiang kuda-kuda induk, skor miring pada kuda-kuda, siku untuk penopang pada skor miring, tumpangan pada skor miring, ikatan angin pada pertengahan kuda-kuda, untuk pemakaian sebagai jurai, usuk dan saluran air pada semua kerangka atap rumah. 



foto saluran air atap limas kayu

foto jurai atap limas kayu

Baca juga KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ATAP DARI RANGKA KAYU


3.Balok ukuran 5x7cm.

Berfungsi untuk gording atau reng sebagai penahan dan tempat pemakuan jenis penutup atap yang di pakai. 

Bila memakai jenis penutup untuk atap dari seng gelombang, seng multiroof atau seng spandek maka jarak pemakaian gording atau reng kayu Minimal ukuran 60cm dan maksimal 80cm agar struktur atap selalu kuat dan tahan lama.  

foto atap limas kayu



4.Kayu ukuran 2x5cm.

Berfungsi sebagai tempat pemakuan untuk nok atau rabung pada penutup yang paling atas. pemakaian kayu ukuran 2x5cm pada posisi tengah jurai juga memiliki fungsi untuk meluruskan pemasangan nok atau rabung agar tampilannya benar-benar lurus dari pandangan dari kejauhan, jarak pemasang kayu ukuran 2x5cm pada posisi jurai harus di sesusikan dengan ukuran lebar nok atau rabung yang di pakai.





5.Papan ukuran 2,5x25cm.

Berfungsi sebagai papan untuk lisplang pada kaki atap. Pemasangan papan untuk  lisplang pada kaki atap memiliki dua model yaitu, model tegak berdiri seperti tegaknya dinding rumah & model miring ke arah dalam atau miring ke arah dinding rumah. Tujuan pemakaian papan lisplang posisi miring ke arah dinding rumah agar papan lisplangnya selalu awet tanpa terkena tempias ketika hujan & sering terkena panas nya mentari yang menyebabkan papan lisplang mudah kusam, berubah bentuk warna dan lapuk.  




semoga ulasan dari saya di atas tentang ukuran-ukuran kayu yang sering kami pakai untuk pembuatan kerangka untuk kuda-kuda atap rumah baik model limas ataupun model pelana bisa bermanfaat bagi anda yang ingin membuat atap rumah memakai kerangka dari kayu..

Terimakasih.



FILE VIDEO UKURAN KAYU UNTUK RANGKAIAN KUDA-KUDA ATAP 


0 Response to " UKURAN KAYU UNTUK KUDA-KUDA ATAP RUMAH"

Posting Komentar

Populer Post

Cari Postingan Di Blog Ini