KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ATAP RANGKA KAYU


Kayu merupakan salah satu jenis material yang umumnya di pakai untuk pembuatan rangka kuda-kuda pada atap rumah yang memiliki fungsi untuk melindungi ruangan rumah dari berbagai cuaca, seperti hujan deras dan panasnya matahari yang menyengat.


Pemakaian kayu yang bagus untuk rangka kuda-kuda atap akan selalu memberikan daya tahan untuk pemakaian jangka waktu yang lama tanpa mudah hancur &  bocor yang dapat menghancurkan semua isi dalam ruangan rumah, bila atap rumah mengalami kebocoran tentu sangat mengancam struktur plafon yang sudah terpasang bagus, untuk merenovasinya kembali tentu menghabiskan biaya yang banyak. 


Atap rumah minimalis dari kerangka kayu

Struktur kuda-kuda atap dari rangka kayu terkenal kuat dan kokoh sehingga bisa di pakai berbagai macam jenis penutup atasnya seperti, seng multiroof, seng gelombang, seng spandek, seng undelin, seng asbes, seng genteng metal hingga genteng beton yang memiliki struktur yang berat.

Pembuatan rangka kuda-kuda atap rumah di indonesia umumnya terdiri dari tiga model. Yaitu,

  1. Struktur atap dari rangka kayu,
  2. Struktur atap dari rangka baja ringan,
  3. Struktur atap dari rangka baja berat (besi H beam)
Bila anda ingin membuat rangka kuda-kuda atap dengan menggunakan bahan dari kayu, hal pertama yang harus anda ketahui adalah, 


1.Memakai kayu yang usia tua agar tidak mudah lapuk.
Pemakaian kayu yang usia muda sangat rentan lapuk dan mudah memuai sehingga sangat tidak cocok untuk pemakaian pada rangka kuda-kuda atap. usia kayu yang tua bisa di tandai dengan warna dan serat kayu yang agak kasar serta sudah memiliki bobot yang berat. 


foto kayu meranti atap rumah minimalis


2.Memakai kayu yang bagus untuk kekuatan & daya tahan. 
Jenis kayu bagus yang banyak di jual di pasaran seperti, kayu Meranti, kayu Damar, kayu Bangkirai, kayu Jati, kayu Kapur, kayu Marsawa, kayu Mahoni, kayu kelapa yang usia tua & sejenisnya yang termasuk dalam golongan kayu keras, padat dan memiliki bobot yang berat.

3.Memilih kayu yang tidak di sukai rayap & mudah berbubuk, 
Perlu di ketahui, tidak semua jenis kayu di sukai oleh rayap. semua jenis kayu memiliki getah dan bau yang berbeda,  Kayu dari jenis yang keras & padat serta memiliki bobot yang berat umumnya tidak mudah di makan rayap dan berbubuk pada seluruh permukaannya.

4.Memakai cat anti rayap & campuran solar.
Permukaan kayu yang sudah meresap pengawet dan campuran solar tidak akan di makan rayap sehingga bisa di pakai untuk jangka waktu yang lama pada struktur kuda-kuda atap. tujuan pengawet pada kayu di campur minyak solar agar mudah meresap dalam permukaan kayu ketika di cat pengawet, minyak solar yang sudah meresap pada permukaan kayu tidak akan kering untuk waktu yang lama sehingga kualitas kayu akan selalu aman & terlindungi.


foto atap rumah terpakai anti rayap


KEKEBIHAN MEMAKAI RANGKA ATAP DARI KAYU

1.Struktur kuda-kuda atap dari rangka kayu sangat kuat & kokoh.

kayu memiliki struktur yang kuat, sehingga mampu menahan beban gantungan plafon rumah pada semua rangka kuda-kuda dan gordingnya. sehingga tampilan plafon rumah akan selalu indah tanpa mudah retak pada sambungannya. 


2.Struktur atap dari rangka kayu memiliki bobot yang berat.

karena memiliki bobot yang berat struktur kuda-kuda rumah dari kayu tidak mudah tersapu ketika sewaktu-waktu terjadi angin kencang dan tidak mudah terangkat ketika angin puting beliung yang melanda. permukaan kayu gapit pada kaki kuda-kuda yang padat sangat mudah di lilit besi untuk ikatan pada ringbalok rumah sehingga kerangka atap akan selalu aman dengan berbagai cuaca yang melanda. 



3.Struktur kayu tidak mudah menjalar arus listrik kalau ada korslet,

Berbeda dengan struktur kuda-kuda dari rangka baja ringan, struktur kuda-kuda dari kayu tidak akan menjalar arus listrik jika terjadi korslet di dalam rangka atap rumah, sehingga memberikan kenyamanan dalam rangkaian kelistrikan rumah.


4.Stuktur atap dari rangka kayu jarang terjadi bocor.

Bila metode pemasangan atap memakai paku ulir dan karet penahan air maka sangat jarang terjadinya kebocoran pada atap dari rangka kayu, tujuan pemakaian paku seng model ulir agar seng atap tidak mudah terlepas jika terjadi angin kencang dan akan selalau melekat erat pada kayu gordingnya. 


Foto paku ulir atap seng


5.Struktur atap dari kuda-kuda kayu bisa berjalan di dalamnya.

Bila ada penambahan arus listrik dalam plafon dan memperbaiki kebocoran yang terjadi pada seng atap sangat mudah berjalan dalam struktur kuda-kuda dari rangka kayu, tentu kemudahan ini sangat jauh berbeda dengan rangka atap dari baja ringan yang tidak bisa kita injak sembarangan.  


Foto dalam kuda kuda atap rumah


6.Stuktur atap dari kuda-kuda kayu tidak akan hancur terkena uap laut,

Pemakaian struktur kuda-kuda dari kayu sangat cocok untuk bangunan yang dekat dengan pinggir laut, struktur kayu tidak akan berkarat dan sangat berbeda dengan rangka atap baja ringan yang mudah berkarat bila terkena uap dari air laut. hawa dan uap asin di pinggir laut sangat rentan dengan struktur bangunan yang terbuat dari logam dan besi. 

KEKURANGAN ATAP DARI RANGKA KAYU

1.harga kayu bagus & berkelas sangat mahal, 

Harga kayu bagus yang di jual di pasaran berkisar antara 5 hingga 6 juta/kubik.
bila membuat atap sebuah rumah type 100 biasanya membutuhkan kayu sekitaran 3,5 kubik, bisa di bayangkan untuk pengeluaran membeli kayu yang bagus saja sudah menghabiskan biaya sekitaran 18 jutaan. belum lagi untuk membeli seng dan membayar jasa tukang.


Foto kayu atap rumah
foto kuda kuda kayu atap rumah


Lihat juga MODEL-MODEL ATAP RUMAH MINIMALIS DARI KAYU


2.Jasa pembuatan atap dari rangka kayu mahal.

Struktur kayu lebih berat dari baja ringan, untuk pembuatan atap rumah memakai rangka kayu tentu harganya melebihi dari harga pemasangan rangka atap dari baja ringan. arena struktur kayu lebih berat dari baja ringan.


Foto merangkai kuda kuda rumah


3.Mudah terbakar,

Semua jenis kayu umumnya mudah terbakar kalau terlalu dekat dengan titik api, solusi terbaik adalah menjauhkan semua rangkaian kayu bila berdekatan dengan sumber yang mudah keluar api.

4.Mudah lapuk & berayap bila memakai kayu (sembarangan)

Pemakaian kayu yang usia muda untuk rangkaian kuda-kuda atap sangat rentan lapuk dan di makan rayap apalagi jika tidak memakai pengawet untuk anti rayap dan bubuk pada semua permukaan kayunya.


Foto cara cat pengawet kayu

Semoga ulasan saya di atas tentang kelebihan & kekurangan memakai rangka atap dari bahan kayu bermanfaat bagi anda yang ingin belajar atau ada rencana membuat atap rumah menggunakan bahan dari kayu. Terimakasih.





0 Response to "KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ATAP RANGKA KAYU"

Posting Komentar

Populer Post

Cari Postingan Di Blog Ini