CARA SAMBUNG KAYU BALOK KUDA-KUDA YANG KUAT

Dalam proses membuat struktur atap rumah menggunakan bahan kayu, langkah pertama yang di kerjakan adalah merangkai kuda-kuda induk yang berfungsi untuk menopang semua reng, usuk, jurai, saluran air & penutup atap seperti seng gelombang, seng genteng,seng asbes,seng spandek dan lainnya.

                                 foto sambungan kayu balok kuda-kuda

Dalam merangkai sebuah kuda-kuda rumah yang ukuran besar terkadang kita membutuhkan kayu balok dengan ukuran yang panjang, 
Ukuran kayu balok yang banyak di jual di pasaran umumnya memiliki panjang antara 4 hingga 5 meter. 


kayu balok kuda-kuda


Bila kebutuhan ukuran panjang balok kayu melebihi dari 5 meter maka kayu balok tersebut harus kita sambung satu sama lainnya agar mencukupi untuk kebutuhan panjang pada sebuah rangkaian kuda-kuda yang akan di rangkai. 



Menyambung kayu balok untuk rangkaian kuda-kuda induk pada rumah sangat di utamakan kekuatan & kerapatan pada sambungannya karena kayu struktur kuda-kuda memiliki beban yang berat dalam menopang semua struktur bagian atasnya.

Sebelum menyambung balok kayu untuk rangka kuda-kuda, hal pertama yang harus di perhatikan adalah,


1.Kedua ujung kayu balok yang akan di sambung harus memiliki ukuran lebar & ukuran tebal yang sama agar sambungannya saling menyatu dan sejajar setelah tersambung. jika memakai kayu yang ukuran tidak sejajar maka hasil sambungannya tidak akan sejajar.


balok kayu atap

kayu kuda-kuda


2.Hindarilah memakai jenis balok kayu yang mudah lapuk, cacat & bermata (seperti bekas dahan di permukaan balok kayu) karena akan mudah patah dalam menahan beban pada rangka kuda-kuda atap. 


3.Jangan memotong ujung kayu untuk sambungan terlalu dalam karena dapat melemahkan sambungannya sehingga mudah patah ketika di pakai pada rangka atap.


CARA SAMBUNG BALOK KAYU RANGKA KUDA-KUDA

1.langkah pertama menggaris bentuk kemiringan untuk sambungan yang akan di potong pada kayu balok dengan menggunakan pensil, Panjang ukuran sambungan kayu minimal antara 20 hingga 25cm dengan ketebalan ujung 1,5cm. Kemudian memotongnya dengan mengikuti alur garis yang lurus seperti tampilan pada foto di bawah.


kayu kuda-kuda


balok kayu


kayu balok


kayu balok


balok kayu atap


kayu balok


2.Setelah kayu balok yang pertama siap di potong dengan kemiringan yang lurus kemudian kita satukan dengan balok yang akan di sambung selanjutnya untuk mengambil ukuran kemiringan garis pemotongan yang sesuai. Dalam menyatukan kedua ujung kayu harus benar-benar sesuai dan lurus kemudian baru menandai kemiringan garis sambungan untuk pemotongan selanjutnya.


kayu balok


kayu balok


foto sambungan kayu


foto potongan sambungan kayu balok


foto pemotongan kayu balok


3.Setelah kedua ujung kayu balok siap terpotong kemudian kita sambung kedua ujungnya dengan memakai paku ukuran 2,5 inci. 
Pemakaian paku sedikit di miringkan ke arah kayu yang akan di sambung agar lebih padat, kuat dan pakunya tidak mudah keluar.

foto sambungan kayu balok

foto sambungan kayu


foto sambungan kayu balok


4.Langkah selanjutnya kita tambahkan kayu penahan ukuran 5x5 pada pertengahan sambungannya, dengan adanya kayu bantu, balok yang sudah tersambung benar-benar kuat & kokoh dalam menahan semua beban pada rangka kuda-kuda atap. 
Kayu penahan yang di tambahkan memakai paku ukuran 2,5 inci pada kedua ujungnya dengan pemakuan arah paku miring ke dalam & memakai paku ukuran 3 inci untuk bagian  atasnya seperti tampilan dalam foto di bawah.


foto sambungan kayu

foto sambungan balok

foto menyambung kayu

5.Langkah terakhir lakukan pengeboran pada tengah sambungan balok untuk memakai  baut ukuran 1/2 atau baut 19 agar sambungan balok kayu tidak akan terlepas ketika di pakai pada rangka atap.


foto sambungan kayu


foto sambungan kayu


foto sambungan kayu


foto sambungan balok


foto balok tersambung


sambungan balok


Model sambungan kayu balok kuda-kuda ada 2 jenis

1.Untuk Sambungan kayu balok yang memiliki ukuran sama panjang harus memakai tambahan kayu penahan pada posisi tengah sambungannya. Seperti tampilan dalam foto di bawah, Kedua balok Kayu yang akan di sambung memiliki ukuran sama panjang yaitu 4 meter, maka harus di tambah kayu penahan pada posisi tengah sambungannya.

foto balok kayu tersambung


Baca juga UKURAN KAYU UNTUK KUDA-KUDA ATAP RUMAH


2.Sambungan kayu balok yang memiliki ukuran panjang tidak sama, seperti tampilan pada foto di bawaah, kayu yang memiliki panjang 4 meter di sambung dengan kayu balok ukuran panjang 1 meter. 
Pada pertengahan sambungannya cukup langsung memakai dua baut sekaligus tanpa harus menambahkan kayu penahan seperti balok yang sama panjang di atas.  


foto sambungan balok

model sambungan balok

Kedua model sambungan balok kayu yang sudah tersambung memiliki tempat pemakaian masing-masing pada rangkaian kuda-kuda rumah. seperti tampilan pada foto kerangka atap di bawah,


foto rangkaian kuda-kuda rumah

foto kuda-kuda atap

foto atap limas kayu

Semoga ulasan saya di atas tentang cara sambung kayu balok rangka kuda-kuda yang kuat bisa bermanfaat bagi anda yang belajar ataupun yang membutuhkan dalam pembuatan atap rumah minimalis dengan menggunakan kerangka kayu. 
Terimakasih.



2 Responses to "CARA SAMBUNG KAYU BALOK KUDA-KUDA YANG KUAT"

Populer Post

Cari Postingan Di Blog Ini